Kisah manusia harimau nusantara

Nusantara kaya akan cerita legenda,beberapa kisah legenda ada yang sampai di angkat ke layar lebar atau sinetron,salah satu nya adalah kisah legenda manusia harimau. Yang begitu terkenal adalah kisah legenda harimau siliwangi dari jawa barat(pasundan/sunda). Juga ada kisah legenda Cindaku,manusia harimau dari lereng gunung kerinci jambi.

1. Cindaku

Ilustrasi


Cindaku adalah sosok manusia hariamau asal lereng gunung kerinci jambi, sosok cindaku dipercaya sebagai manusia yang mempelajari ilmu hariamau secara turun temurun yang bertugas sebagai penjaga hutan juga sebagai penghubung antara manusia dan harimau. Seperti yang sudah kita ketahui,manusia dan harimau sering terjadi konflik,untuk menjaga konflik itu di buat perjanjian antara manusia dan hariamau agar tidak saling mengganggu. Manusia di larang mengusik habitat harimau di hutan,demikian juga dengan harimau,di larang memasuki area penduduk/manusia. Walau di kemudian hari pejanjian itu tidak berlaku bagi manusia. Sering nya perburuan liar dan penebangan hutan secara liar oleh manusia menyebabkan habitat harimau terganggu. Dari cerita ini kita bisa tahu,pihak mana yang melanggar perjanjian/aturan.

2. Harimau siliwangi

Ilustrasi


Kisah Prabu Siliwangi sangat dikenal dalam sejarah Sunda sebagai Raja Pajajaran. Salah satu naskah kuno yang menjelaskan tentang perjalanan Prabu Siliwangi adalah kitab Suwasit.


Kitab yg di tulis dngn menggunakan bahsa sunda kuno di dalam selembar kulit Macan putih yg di temukan di desa pajajar Rajagaluh jawa barat.

Prabu Siliwangi seorang raja besar pilih tanding sakti Mandraguna,Arif dan Bijaksana Memerintah Rakyatnya di kerajaan Pakuan Pajajaran Putra Prabu Anggalarang atau Prabu dewa Niskala Raja dari kerajaan Gajah dari dinasti Galuh yang berkuasa di Surawisesa atau Kraton Galuh di Ciamis Jawa barat.

Di dalam salah satu pengembarannya, Ketika beliau hendak beristirhat di Curug atau air terjun,curug itu bernama Curug Sawer yg terletak di daerah Majalengka,Raden pemanah Rasa dihadang oleh siluman Harimau Putih Pertempuran pun tak terelakkan.
Raden Pamanah Rasa dan Siluman Harimau Putih yang diketahui memiliki kesaktian tinggi itu pun bertarung sengit hingga Setengah Hari,Namun kesaktian Prabu Pamanah Rasa berhasil
memenangi pertarungan dan membuat siluman Harimau Putih tunduk kepadanya.
Harimau Putih itu memberi sebuah pusaka yg terbuat dari kulit Macan,
Dengan pusaka itu beliau bisa Terbang Laksana burung,Menghilang tak terlihat oleh mata (ajian Halimun),berjalan secepat angin (Ajian saepi Angin)dan Bisa Mendatangkan Bala tentara Jin.
Harimau itupun memutuskan untuk mengabdi kepada Raden Pamanah Rasa sebagai pendamping beliau.

Harimau Putih sakti ada juga yang bilang khodam yang konon bisa berubah jadi manusia itu sudah dipercaya sejak lama oleh orang-orang di kawasan Jawa Barat. Bahkan, banyak masyarakat di kawasan itu yang masih percaya hingga sekarang.

Ajian Manusia Harimau


Dari beberapa contoh manusia harimau di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Manusia Harimau hadir dari ilmu yang dipelajari oleh manusia. Dengan ilmu manusia harimau seperti Cindaku atau Tapadrawanya yang dilakukan oleh Prabu Siliwangi, seorang manusia bisa berubah wujud menjadi harimau atau manusia harimau yang memiliki kekuatan hebat.

Meski dua ilmu di atas bukanlah ilmu hitam, individu yang mempelajarinya akan mendapatkan banyak masalah. Pertama masalah keyakinan, praktik ini termasuk perilaku yang dilarang oleh agama tertentu. Selanjutnya, beberapa orang akan susah meninggal kalau ilmu ini tidak dilepaskan dari tubuhnya.

Artikel terkait lainnya:


Komentar

Postingan Populer