Hantu begu ganjang asal tanah batak

Bicara tentang hantu di nusantara ini sudah bukan hal baru lagi,semua daerah di indonesia dari sabang sampai merauke punya versi nya masing masing tentang cerita hantu,tidak terkecuali daerah sumatera utara khusus nya suku batak yang memiliki cerita hantu begu ganjang. Banyak saksi mata yang pernah bertemu langsung sosok begu ganjang yang di kenal sebagai sang pencabut nyawa asal tanah batak,lalu sosok seperti apakah makhluk ini sampai begitu di kenal?


Orang batak sering mengaitkan orang meninggal yang tidak wajar dengan sosok hantu begu ganjang. Bahkan pernah ada seorang dukun melakukan ritual pengusiran roh jahat di suatu kampung dari kekuatan pengaruh ilmu hitam yang di sebabkan oleh hantu begu gankang.
Lantas seperti apa begu ganjang itu? Konon katanya hantu begu ganjang memiliki tubuh tinggi besar,dia suka tinggal di pohon besar khusus nya di pinggir hutan. Ciri ciri korban hantu begu ganjang biasanya memiliki bekas cekikan di leher. Menurut beberapa sumber,hantu begu ganjang adalah peliharaan dukun yang di tugaskan untuk menjaga kebun juga sebagai media santet yang dikirim sang dukun kepada korbanya.

Keberadaan apa itu hantu begu ganjang masih simpang siur,pernah ada suatu kejadian ada orang mandi tengah malam di sumur tiba tiba berteriak. Setelah beberapa warga datang karena mendengar suara teriakan ternyata korban telah tergeletak membujur dengan ciri khas di leher bekas cekikan,walaupun telah di beri pertolongan pertama oleh warga,namun nyawa korban tidak dapat terselamatkan.
Hantu begu ganjang


Dahulu orang batak mengenal kata begu atau hantu identik dengan penyakit,khusus nya penyakit yang tidak wajar. Yang mana orang batak percaya penyakit ini ada kaitan nya dengan praktik perdukunan. Orang batak mengenal perdukunan dengan istilah paramu atau ahli meramu obat obatan atau semacam tabib,ada juga istilah sibaso atau ahli supranatural yang dalam praktik nya menggunakan ilmu gaib.
Sebenarnya cerita hantu begu ganjang ini masih misteri tentang kebenaran nya.
Baca Artikel terkait lain nya:

Mitologi pesugihan babi ngepet

Komentar

Postingan Populer