Keris Sakti Asli Indonesia

Bagi orang indonesia khususnya orang jawa,keris bukan hanya sekedar senjata,tapi juga mengandung nilai nilai spiritual khususnya bagi penganut kejawen.Pembuatan nya pun tidak sembarangan,mulai dari bahan untuk pembuatan keris,baik itu logam maupun kayu buat gagang dan sarung nya.Legenda kesaktian keris yang di miliki para tokoh pendekar ataupun pejabat termasuk raja sampai kini masih menjadi misteri dimana keberadaan keris itu sekarang.Berikut ada beberapa jenis keris sakti yang melegenda yang berhasil kami rangkum.

1. Keris mpu Gandring

Siapa yang tidak kenal dengan nama keris ini? Keris sakti yang di buat pada masa kejayaan kerajaan Singasari ini di buat oleh seorang mpu maha sakti di masa nya,beliau adalah mpu Gandring. Konon keris sakti ini di buat hanya dalam waktu kurang dari satu malam. Namun sayang,keris tersebut menjadi petaka buat sang mpu.


Ken Arok sang pemesan keris sakti tersebut menusuk sang mpu hingga tewas karena waktu pembuatan nya tidak sesuai seperti yang di harapkan ken arok. Dalam keadaan sekarat sang mpu mengucapkan kutukan terhadap ken arok,7 turunan ken arok akan tewas oleh keris tersebut.
Keris sakti


Ken Arok sang pemuda sakti gagah perkasa yang berasal dari golongan rakyat biasa itu sepertinya tidak percaya dengan kutukan tersebut. Dan kutukan keris mpu gandring memang terbukti,mulai dari ken arok hingga keturunan nya semua tewas karena keris tersebut. Hingga kini setelah puluhan bahkan ratusan tahun keberadaan keris sakti tersebut mesih menjadi misteri. Menurut beberapa sumber,keberadaan keris tersebut masih ada,di simpan oleh keturunan ken arok yang selamat dari kutukan keris sakti mpu gandring tersebut.

2. Keris kyai setan kober

Keris maha sakti ini di miliki oleh Arya penangsang,Adipati jipang. Keris tersebut di buat oleh seorang mpu terkenal dari dari Tuban jawa timur, yang di kenal dengan nama mpu supo mandagri,yang di kemudian hari karena beberapa alasan beliau memeluk islam dan memutuskan untuk menjadi murid seorang wali yang di kenal dengan nama sunan Ampel.

Keris ini memiliki karakter panas,karena di ciptakan memang buat bertempur. Konon kabar nya keris ini tidak akan berhenti(mempengaruhi pemiliknya)sampai musuh nya lenyap(tewas). Karena keris haus darah ini lah,Arya penangsang menjadi orang yang tinggi hati. Padahal pada dasarnya Arya penangsang adalah seorang ksatria baik hati. Kini setelah kematian Arya penangsang,keberadaan keris kyai setan kober menjadi misteri.

3. Keris Condong Campur
Keris maha sakti

Sesuai namanya,keris sakti ini di buat dari berbagai macam logam meteor dan di buat beramai ramai oleh beberapa mpu sakti. Tapi sangat di sayangkan,dari awal pembuatan keris ini secara tidak langsung telah di transfer energi negativ. Para mpu berlomba lomba menonjolkan kemampuan nya mengirim energi ke dalam keris tersebut. Dan sudah bisa di pastikan,keris maha dasyat tersebut menjadi wabah kekacauan di majapahit,banyak yang saling tikam untuk memperebutkan keris tersebut.

Akhirnya para mpu pencipta keris condong campur bersepakat buat menghancurkan keris tersebut bersama sama. Mereka(para mpu) akhirnya menciptakan keris yang di beri nama keris Sabuk Inten buat menaklukan keris condong campur,namun kemampuan keris sabuk inten bukanlah tandingan  keris condong campur,dan bisa di pastikan keris sabuk inten pun takluk. Pada akhir nya mereka menciptakan kembali keris sakti yang diberi nama sengkelat. Konon dalam pertempuran kedua keris tersebut,keris condong campur mampu di taklukan namun tidak hancur, keris condong campur melejit ke angkasa dan menghilang. Dan menurut cerita,keris ini akan kembali setiap 500 tahun sekali buat mengirimkan wabah penyakit di bumi majapahit.

4. Keris naga sasra sabuk inten

Keris ini masih berasal dari dinasti majapahit,terdiri dari dua jenis keris,yaitu naga sasra dan sabuk inten,cirinya memiliki luk(alur) sembilan,sebelas dan tiga belas. Keris ini adalah maha karya dari seorang ahli keris bernama mpu Nom. Kisahnya keris naga sasra sabuk inten ini tidak bisa di lepaskan dari kisah Mahesa jenar, murid dari seorang wali bernama syech siti jennar yang berburu keris ini. Di ceritakan siapa pun yang mampu mendapatkan keris naga sasra sabuk inten,maka dialah pewaris tahta kerajaan Demak.

5. Keris caburuk

Keris ini masih berasal dari tanah jawa,maha karya mpu supo. Keris ini adalaha milik seorang wali bernama sunan Kalijaga.Awal nya sang mpu mengira jika sunan kalijaga hanya bercanda saat memberikan logam sebesar biji asam,namun saat sunan kalijaga memegang logam tersebut kemudian logam tersebut membesar,sang mpu mulai mulai menyimpan rasa kagum terhadap sang sunan. Konon keris sakti ini hanya bisa di tandingi oleh keris kyai setan kober milik Arya penangsang. Di kisahkan sultan HadiWijaya alias Jaka Tingkir pernah menggunakan keris ini buat menghadapi Arya penangsang dengan keris kyai setan kober nya. Keduanya sama sama kuat dan tak terkalahkan hingga memaksa sunan kudus turun tangan buat melerai mereka.

Itulah jenis jenis keris maha sakti yang melengenda yang ada di tanah jawa. Dan sebenarnya kisah keris sakti ini tidak hanya ada di tanah jawa saja,daerah luar jawa pun memiliki kisah akan kesaktian keris. Seperti keris taming sari yang berasal dari majapahit namun di gunakan sebagai senjata andalan Hang Tuah yang berasal dari tanah melayu.
Baca juga artikel lain nya:

Hantu beguh ganjang asal tanah batak

Manusia harimau di nusantara

Komentar

Postingan Populer