Legenda prabu angling darma


Bagi orang-orang yang berdiam di wilayah Kedu sudah pasti sangat mengerti tentang aturan tak tertulis ini. Karena jelas, hingga sekarang cerita misteri tentang Angling Dharma masih disakralkan.


Mitos ini begitu berkembang di antara masyarakat, bermula dari tempat petilasan dari Angling Dharma di daerah Bojonegoro, Kedu. Dalam legenda lisan yang menyebar dikalangan masyarakat luas disebutkan bahwa Angling Dharma merupakan seorang Raja dari Mlowopati. Angling Dharma dikenal sebagai raja yang arif dan bijaksana karena mampu membuat rakyatnya hidup dengan makmur dan sejahtera. Angling Dharma digambarkan sebagai lelaki tampan yang senang memberantas kemungkaran. Ditambah lagi menurut cerita Angling Dharma merupakan titisan dari Batara Wisnu yang dititipkan pada rahim Pramesti anak dari Jayabaya.
Asal-Usul Angling Dharma dan sejarahnya


Menurut hikayat cerita dari nenek moyang kita dahulu, asal usul angling dharma ini merupakan lanjutan dari kisah Mahabrata, dikisahkan bahwa angling dharma merupakan seseorang yang dianggap sebagai titisan dewa Batara Wisnu. Salah satu keistimewaan dari prabu angling dharma ini adalah kemampuannya untuk mengetahui bahasa segala jenis binatang serta sangat pandai dalam memanah.
Kelahiran Angling Dharma
Di rangkum dari kitab baratayudha menyebutkan bahwa angling dharma merupakan putra dari ratu Pramesti yang juga merupakan titisan dari Dewa arjuna, menurut nasab keturunannya Angling dharma merupakan keturunan dari Arjuna, cicit dari Abimanyu, cucu dari tokoh terkenal jayabaya, dan juga putra kesayangan dari ratu Pramesti, dari rahim ratu pramesti inilah sosok legenda Angling dharma menjadi terkenal karena dan menjadi raja di kerajaan Malawapati yang dikenal dalam cerita wayang.
singkat Riwayat Hidup Angling dharma

 Misteri dunia gaib

Sosok kelahiran Angling dharma memang penuh dengan polemik, menurut hikayat cerita lahirnya Angling dharma ini bermula pada mimpi sang ratu Pramesti bertemu Batara Wisnu yang berkata akan lahir ke dunia melalui rahimnya. Ketika bangun tiba-tiba perutnya telah mengandung. Astradarma yang merupakan suami dari ratu pramesti sangat marah dan menuduh Pramesti telah berselingkuh.  Lalu Ia pun mengusir istrinya itu pulang ke Mamenang.
 Misteri dunia gaib


Melihat ratu pramesti diusir dari singsana kerajaan, jayabaya yang merupakan ayah dari ratu pramesti sangat marah sekali kepada Astradarma, lalu jayabaya pun mengutuk negeri Yawastina tenggelam oleh banjir lumpur. Kutukan tersebut menjadi kenyataan. Astradarma pun tewas bersama lenyapnya istana Yawastina, setelah Astradarma tewas maka kemudian angling dharma pun lahir ke dunia.


"Singkat cerita Angling dharma ini lahir sebagai pemuda yang tampan dan berwibawa, ketika ia beranjak dewasa ia pun membawa ibunya untuk membangun sebuah kerajaan bernama Malawapati, nah dari kerajaan inilah ia mengelari dirinya sebagai Prabu Anglingdarma."
cerita dari kitab barathayudha menyebutkan bahwa Prabung angling dharma menikah dengan seorang gadis bernama Setyawati yang merupakan putri dari Resi Maniksutra. Namun kakak dari Setyawati yakni Batikmadrim tidak setuju dengan pernikahan Angling dharma, maka Batikmadrim pun menantang duel prabu angling dharma, jika angling dharma menang maka ia boleh menikahi adiknya namun jika ia kalah ia harus mundur.
cerita angling dharma berhasil mengalahkan Batik Madrim, dan kemudian mempersunting adiknya setyawati tersebut. Batikmadrim pun diangkat menjadi patih di kerajaan malawapati. Saat memimpin kerajaan malawapati, rakyatnya sangat hidup makmur dan sejahtera bahkan dalam kisah wayang disebutkan bahwa kerajaan yang dipimpin oleh prabu Angling dharma ini sangatlah kuat dan memiliki ratusan ribu pasukan.

 Misteri dunia gaib

Akhir hidup sang tokoh legenda ini kabarnya mati dalam keadaan bunuh diri bersama Istrinya setyawati, adapun penyebab ia bunuh diri dikarenakan prabu Angling Darma menolak berterus terang karena terlanjur berjanji akan merahasiakan ilmu Aji Gineng yang merupakan ilmu tingkat tertinggi, dimana jika ada seseorang yang menguasainya maka ia bisa menundukan semua kerajaan di dunia ini.
Dari cerita di atas terserah anda mau percaya atau tidak,semua kembali kepada anda.
Artikel terkait>>> Legenda sangkuriang

Postingan Populer